Beginilah Perayaan Ulang Tahun Remaja Jepang

Beginilah Perayaan Ulang Tahun Remaja Jepang - Perayaan hari special dalam hidup memang menyenangkan. Acara spesial itu adalah hal yang menimbulkan kesan yang mendalam pastinya, seperti perayaan ulang tahun. Perayaan ulang tahun adalah hal yang wajib diperingati oleh sebagian besar orang. Baik di Indonesia maupun di luar negeri memiliki konsep acara ulang tahun yang berbeda-beda sesuai dengan tradisi, seperti contohnya acara ulang tahun remaja Jepang yang tentunya sangat menarik untuk diulas.

Mengapa harus ulang tahun remaja yang banyak diperbincangakan? Ini dikarenakan masa remaja adalah masa yang paling indah dan tidak akan mungkin terlewatkan begitu saja. Untuk itu setiap tahun bertepatan dengan tanggal dan bulan kelahiran pasti dirayakan dengan pesta. Pestanya pun bisa dalam skala sederhana maupun mewah sesuai dengan kondisi keuangan. Namun acara ulang tahun remaja Jepang berbeda dengan acara ulang tahun biasanya.


Biasanya acara ulang tahun selalu identik dengan kue, kado, tempat yang dihiasi pita dan balon serta para undangan yang memakai topi ulang tahun. Namun untuk ulang tahun remaja Jepang hal tersebut tidak berlaku lagi. Merayakan ulang tahun dengan sederhana dan seru serta unik itulah konsep acara ulang tahun remaja Jepang.

Kebiasaan unik dari acara ulang tahun remaja Jepang adalah pemberian bahan-bahan dapur mentah seperti tepung, telur, mayonaise, saus dan masih banyak yang lainnya. Biasanya mereka masih membawakan kue untuk teman mereka yang sedang berulang tahun, namun di dalam kue itu ada tambahan bahan-bahan masakan tadi. Inilah yang membuat acara ulang tahun remaja Jepang menjadi hal yang ditunggu-tunggu.

Keseruan sudah pasti akan hadir dalam suasana ulang tahun remaja Jepang ini. Canda tawa menghiasi acara sederhana ini. Untuk itu banyak remaja Jepang yang membudayakan acara sederhana ini di hari ulang tahunnya.

Runtutan acara ulang tahun remaja Jepang biasanya berawal dari surprise dengan menghadirkan kue ulang tahun yang kemudian kue itu tidak dipotong ataupun dimakan tetapi malah dilemparkan kepada teman yang sedang berulang tahun. Belum puas dengan pelemparan kue, mereka juga melemparkan telur, terigu, atau bahan makanan lain. Sehingga si teman yang berulang tahun menjadi kotor dan bermuka serem.

Namun banyak makna dari ulang tahun remaja Jepang tersebut. Yakni diantaraya sebagai wujud persahabatan yang erat diantara mereka. Wujud kasih sayang yang diungkapkan dari kerelaan mereka mengumpulkan atau membawakan bahan-bahan tersebut. Namun seharusnya rasa marah menghinggap, tetapi tidak untuk mereka. Para remaja Jepang ini malah antusias dan bagi yang sedang berulang tahun merasa berkesan dengan acaranya.

Keunikan yang perlu diketahui dari acara ulang tahun remaja Jepang ini adalah banyaknya bahan makanan yang dilemparkan selain kue ulang tahun kepada si teman yang sedang berulang tahun. Ada kurang lebih 20 bahan yang dilemparkan. Jadi mereka menganggap bahwa si teman yang sedang berulang tahun tersebut adalah bahan pokok yang akan dimasak.

Ulang tahun remaja Jepang bisa dijadikan referensi untuk acara ulang tahun sederhana yang penuh dengan nuansa persahabatan yang kental. Bukan tidak mungkin biaya yang dikeluarkan menjadi lebih sedikit dengan menerapkan konsep ulang tahun remaja Jepang ini karena hanya membutuhkan biaya untuk membeli bahan makanan dan biaya untuk mentraktir bagi yang ulang tahun.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »