Cara Mempercepat boot android

Media scanner is running
Rescan Media Root 

Pernahkah mendengar kata booting dan apa maksud booting? dalam bahasa awamnya, booting artinya adalah proses awal saat menyalakan komputer sampai prosesor mengambil program atau data untuk dijalankan. Sehingga jika banyak program dalam perangkat tersebut, pastinya booting akan memakan waktu yang cukup lama. Bahkan terkadang jika komputernya bermasalah bisa gagal booting tampilan di monitor hanya menampilkan proses booting. Untuk sebutan booting, kerap ditujukan pada komputer/ laptop, namun Ponsel android juga mengalami masa booting.

Cara Mempercepat Booting Android

Jika anda pengguna android pasti juga merasakan booting, seperti saat matikan hp android lalu menghidupkan kembali sampai layar utama. Dan sebelum sampai layar utama akan melihat Media scanner is running, pastinya sangat menjengkelkan karena membutuhkan waktu kalau perangkat android berisi data yang cukup banyak. Itu cukup wajar, karena merupakan proses scanning dari sdcard untuk mencari data atau file yang terdapat di sdcard, nah untuk itu mempercepat boot android perlu anda lalukan. Sehingga android tidak terus-terusan melakukan media scanner is running.

Cara mematikan Media scanner is running di android

Proses boot tersebut sering kali dikeluhkan pengguna jika kapasitas sdcard yang mereka gunakan cukup besar, sehingga proses semakin lama. Untuk mengatasi hal tersebut, dapat menggunakan aplikasi Rescan Media Root yang dapat diunduh di google playstore secara gratis. Aplikasi android gratis tersebut nantinya akan berguna untuk mempercepat boot android, namun tentunya juga tergantung dari berapa besar isi dari sdcard dan perangkat ponsel yang digunakan. Nah jika penasaran dan mau mencoba, berikut cara mempercepat booting android.

Mempercepat booting android dengan Rescan Media

Sesuai nama aplikasinya yang beruna untuk mempercepat booting android, hanya dapat bekerja jika android telah di root. Jika belum, silahkan mampir disini, cara root android.

1. Silahkan menuju ke google playstore, lalu cari aplikasi bernama Rescan Media Root. Setelah ketemu, donwload dan diinstall.

2. Aktifkan USB Debugging pada ponsel dengan menuju Settings Applicatin – >Development – checklist USB debugging

3. Buka aplikasi yang telah terinstall, selanjutnya pilih Disable Media Scanner.

4. Jika selesai, tekan back untuk kembali dan cek ke media.

5. Nah ini yang penting, jika nantinya saat mengakses galery, musik atau media lain namun file tidak ditemukan, maka buka lagi aplikasi Rescan Media Root. nantinya akan melakukan scanning secara otomatis. Akan tetapi jika masih tidak muncul, sebaiknya pilih Re-enable Media Scanner dan hapus aplikasinya.

Yang perlu diperhatikan, selain banyak file data yang tersimpan, yang mempengaruhi lama dan tidak nya waktu booting, semua itu tergantung pada perangkat android yang digunakan. Berarti percuma kalau sudah menggunakan aplikasi tapi tidak bisa mempercepat boot android? yah, itu semua terserah anda. Demikianlah sedikit tips mempercepat booting android

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »