Breaking News
Loading...
Saturday, December 1, 2012

Tanda / Gejala, Pencegahan Dan Obat Alami Batu Ginjal

9:33 PM

ginjal
Apa itu penyakit ginjal ?  Apa beda penyakit ginjal akut dan penyakit ginjal kronik ?  Apapula yang dimaksud dgn gagal ginjal ?  Bagaimana mengenali tanda / gejala gangguan ginjal, pencegahan dan pengobatan gagal ginjal ?  Semua berusaha saya jawab dalam rangkuman berikut ini.

Gambaran Umum Penyakit Ginjal
Sebagai salah satu alat pengeluaran (ekskresi), ginjal bekerja membuang sampah sisa motabolisma yang terjadi pada tubuh manusia.   Juga secara sistematis membuang cairan yang berlebihan dari tubuh sebanyak 750 ml – 1500 ml perhari.
Bila ginjal tidak berfungsi, atau dalam dunia kedokteran disebut  sebagai gagal ginjal, sisa metabolisma yang tidak dikeluarkan tubuh akan menjadi racun bagi tubuh kita  sendiri.
Racun ini, lanjutnya akan menimbulkan keluhan mual, muntah, sakit kepala hebat sampai penurunan kesadaran. Cairan yang tidak bisa keluar dari tubuh akan menyebabkan terjadinya penumpukan cairan di seluruh rongga tubuh sehingga terjadi sembab dan sesak nafas. Bila tidak diatasi segera orang yang mengalami gagal ginjal akan menemui kematian.

Menurut kejadianya gagal ginjal dapat dibagi atas gagal ginjal akut yang timbul secara tiba-tiba dalam hitungan hari dan minggu. Sedangkan gagal ginjal kronik timbul perlahan secara menahun.
Gagal ginjal akut jika dilakukan pengobatan yang tepat, akan dapat disembuhkan. Sedangkan gagal ginjal kronik tidak dapat disembuhkan, dan harus menjalani pengobatan seumur hidup,.
Penyebab gagal ginjal akut  dapat disebabkan oleh peristiwa yang terjadi secara akut seperti penyumbatan total saluran ginjal oleh batu, kekurangan cairan pada diare yang tidak diatasi segera dan kekurangan darah pada orang luka dan operasi, infeksi berat serta keracunan obat dan zat kimia tertentu. Bila tidak ditangani dengan baik gagal ginjal akut ini akan berubah menjadi gagal ginjal kronik yang permanen.

Gejala / Tanda Penyakit Gagal Ginjal
Tanda2  gagal ginjal  akut antara lain : nyeri pinggang  yg amat sangat sakit  (kolik), bengkak mata, bengkak kaki, saat kencing sakit, demam, kencing sedikit, kencing merah (ada darah), sering kencing.  Ada Kelainan Urine, al:  ada protein dlm urine, ada eritrosit, sel darah putih / lekosit, bakteri dalam urine.
Gejala gagal ginjal kronik antara lain : mual, muntah, bengkak2, lemas, tidak ada tenaga,  nafsu makan berkurang, , kencing berkurang, gatal, sesak napas, wajah pucat /anemia. Kelainan urin: ada protein, eritrosit, lekosit dalam urine.  Kelainan hasil pemeriksaan Lab yg  lain: creatinine darah naik, Hb turun;  Urine: protein selalu positif (selalu ada protein dalam urine).
Pengobatan Penyakit Ginjal
Pada intinya, Tujuan pengobatan adalah untuk mengendalikan gejala, meminimalkan komplikasi dan memperlambat perkembangan penyakit.    Bila diketahui penyebabnya adalah dampak penyakit lain, maka dokter akan memberikan obat-obatan atau therapy untuk mengobati penyakit tsb,  misalnya pemberian obat untuk pengobatan hipertensi, anemia atau mungkin kolesterol yang tinggi.
Pengobatan gagal ginjal dimulai dengan pembatasan cairan.   Selain itu mengurangi makanan yang mengandung protein, garam dan fosfat. Bila tidak dapat diatasi secara konservatif, maka harus dilakukan cuci darah (dialysis).
Pada gagal ginjal kronik , umumnya harus dilakukan cuci darah seumur hidup atau menjalani transplantasi ginjal.

Pencegahan Penyakit Gangguan Ginjal
Pencegahan penyakit gagal ginjal dapat dilakukan antara lain mengatasi penyakit penyebab. Bila kita menderita diabetes atau hipertensi, harus ditangani dan dikendalikan dengan seksama. Bila terdapat batu ginjal harus dikeluarkan dengan segera. Bila sering terjadi infeksi ginjal harus diobati dengan tepat.
Sebaiknya tidak menggunakan obat semaunya, karena bannyak sekali obat yang diketahui merusak ginjal ,termasuk obat anti sakit dan obat rematik serta jamu-jamuan yang biasa dijual bebas di warung-warung.
Lakukan gaya hidup sehat , makan makanan dengan gizi seimbang, menjaga berat badan ideal ,  tidak mengkonsumsi alkohol, diet sodium, menghindari asupan asam lemak jenuh dan kolesterol, mengatur asupan kalium dan magnesium, meningkatkan aktivitas fisik dan hindari rokok.

Obat Alami Gangguan Ginjal

Resep 1 Bahan :
- 15 gr daun Sukun kering,   + 1 gelas air mendidih, madu atau gula batu secukupnya.
Cara membuat :
Seduh bahan tersebut diatas, gunakan periuk tanah atau panci kaca.  Saring, setelah dingin dan bila  perlu campurkan Madu atau Gula Batu. Minum ramuan ini dua kali dalam sehari, selama sepuluh hari.
Dan selama mengkonsumsi ramuan ini, dilarang keras mengkonsumsi sayur bayam, daun singkong, daging merah, jeroan dan kangkung.

Resep 2
Bahan :
- 1 rimpang Temulawak +  1 genggam daun Kumis Kucing segar + 1 genggam daun Meniran segar +  4 gelas air
- Gula Aren secukupnya
Cara membuat :
Setelah semua bahan-bahan tersebut dicuci, rebus  dalam periuk tanah atau panci kaca hingga air tersisa separuhnya. Setelah dingin saring dan minum 3 kali dalam sehari. Untuk penambah rasa tambahkan gula Aren atau madu  sesuai selera anda.

Resep 3 :
Bahannya :
- 60 gr Kumis Kucing segar (daun dan batangnya)
- 30 gr daun Sendok segar
- 30 gr Rumput Mutiara segar
- 800 cc air
Cara membuatnya :
Cuci bersih semua bahan dan rebus hingga air tersisa 450 cc. Saring dan minum ramuan tersebut 3 kali sehari, masing-masing 150 cc.

Resep 4 :
Bahannya :
- 30 gr Meniran segar (daun, batang dan akarnya)  +  60 gr akar alang-alang segar +  30 gr Pegagan segar
- 800 cc air
Cara membuat :
Cuci bersih semua bahan, dan rebus hingga air tersisa 450 cc. Saring dan minum 3 kali sehari, masing-masing 150 cc.

Resep 5:
Bahannya :
- 20 gr Sambiloto segar (batang dan daunnya) +  60 gr Krokot segar (berikut dengan akarnya) +  60 gr rambut Jagung segar
- 800 cc air
Cara membuatnya :
Cuci bersih semua bahan dan rebus hingga air tersisa 450 cc. Saring dan minum 3 kali sehari masing-masing 150 cc.

Obat Alami Batu Ginjal
Bahannya :
- 4 tongkol Jagung muda +  1 genggam rambut Jagung +  8 helai daun Keji Beling segar
- 1 gelas air
Cara membuatnya :
Cuci semua bahandan rebus sampai mendidih. Setelah dingin, saring dan minum selama 14 hari berturut-turut. Setelah batu keluar, apakah berupa butiran maupun buih, maka pengobatan harus dihentikan.
Resep 2
Bahannya :
- 30 gr daun Meniran segar + 30 gr daun Kumis Kucing segar
- 1 gelas air mendidih
Cara membuatnya :
Setelah dicuci bersih, seduh kedua bahan tadi. Biarkan sampai dingin, saring dan minum. Lakukan selama 5 hari berturut-turut

Obat Herbal Radang Ginjal
Bahannya :
- 60-120 gr akar Alang-alang segar
- 3 gelas air
Cara membuatnya :
Cuci bersih dan potong-potong seperlunya, kemudian rebus hingga air tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring dan bagi menjadi 3 bagian untuk 3 kali minum dalam sehari.
Obat Herbal Batu Empedu
Bahannya :
- 5 tongkol Jagung muda
- 5 gr daun Kumis Kucing segar
- 1 gelas air
Cara membuatnya :
Setelah semua bahannya dicuci bersih, rebus sampai mendidih. Setelah dingin, saring dan minum sekali dalam sehari selama 14 hari berturut-turut.
baca juga cara menjaga ginjal
Newer Post
Previous
This is the last post.